Skip to main content

Night Time Skincare Routine: Perawatan Pasca Jerawatan

Assalamualaikum teman-teman..

Saya lagi happy banget sama wajah saya sekarang. Gimana gak happy? Setelah struggle abis-abisan, been through so many trials and errors akibat breakout setelah lepas dari krim dokter, akhirnya wajah saya bisa kembali mulus. Kalian harus tahu. Breakout yang saya alami kemarin-kemarin adalah breakout ter-parah yang pernah saya alami seumur hidup.

Waktu itu, wajah saya penuh jerawat. Segala macam jenis jerawat kayaknya ada di muka saya dari mulai papules, nodules, whitehead, blackhead, sampe cystic acne pun ada! Setiap kali cuci muka, pengen banget nangis rasanya karena tiap saya wipe muka saya pasti ada grenjulan yang gak jarang juga bikin sakit dan perih. Setiap hari pasti muncul jerawat baru. Padahal jerawat sebelumnya aja belum sembuh. Hikss.. It was like the worst nightmare I’ve ever had. Even worse cause it’s not a dream!

But thank god, sekarang wajahku udah gak grenjulan lagi meskipun bekas jerawatnya masih ada banget sih. Dan saya masih harus struggle cause life isn’t that easy, girls. Setelah jerawatan, kamu masih harus berhadapan dengan over-dried skin dan juga dark spots! Setelah jerawatan, problem yang selanjutnya muncul biasanya kulit yang kering bahkan flaky karena obat jerawat. Selain itu, bekas jerawat yang bandel dan sulit hilang juga jadi major issue setelah kamu selesai mengatasi jerawat.
When it comes to acne, the less is more..
Itu sedikit kutipan yang saya ambil dari perkataannya Liah Yoo. Youtubers favorit saya. And yes, it works perfectly! Ketika berjerawat atau pasca jerawatan, yang harus kamu lakukan hanya meminimalkan pemakaian skincare. Karena jerawatan itu bikin wajah kita sensitive. That is why we need to take care of our ‘fragile’ skin very very carefully.

Disini, saya mau berbagi pengalaman saya ketika menghadapi dua problem itu. Kulit saya memang belum mulus banget tapi skincare di bawah ini membantu saya banget buat ngatasin problem itu.


1     Cleansing



Gunakan pembersih wajah yang sangat ringan dan gentle. Kulit kita sedang ‘fragile’ karena itu, kita wajib pakai pembersih yang gak mengandung banyak ‘sabun’. Biasanya pembersih yang menghasilkan banyak busa atau sabun itu mengandung SLS yang tinggi. Kandungan ini kurang baik karena bisa bikin wajahmu super kering dan keset. Disini aku pakai The Body Shop Tea Tree Skin Clearing Facial Wash. Memang sih masih ada kandungan SLS dalam jumlah yang ga banyak karena busa yang dihasilkan pun gak sebanyak pembersih lainnya.  Pake cleanser ini, wanginya segar dan lembut. Ada sensasi dingin ketika kamu basuhkan ke wajahmu. This is my favourite cleanser ever!

2.      Applying  Serum


Target saya setelah jerawat hilang, saya harus bisa juga menghilangkan bekas-bekasnya. Karena itu, saya memilih serum yang bisa mencerahkan dan fading dark spot. Vitamin C terkenal memiliki brightening effect yang tentu saja bisa membantu mengurangi kusam dan hitam-hitam di wajah. Saya coba menggunakan vserum vitamin C dari My Signature C –Source yang sudah banyak sekali ulasannya. Teksturnya cair, karena itu saya gunakan di awal setelah saya mencuci wajah. Sampai saat ini sih, saya belum lihat efek yang WOW dari serum ini  (yes,I’m still working on this). Saya akan update hasilnya bila terjadi perubahan ya!

3.       Face Oil


Banyak sekali orang yang menghindari penggunaan face oil, karena dianggap bakal nambah ‘kilang minyak’ di wajah mereka including me. But I dare myself to try this Life Flo Pure Rosehip Oil, honestly, gara-gara baca artikel UK yang bilang Victoria Beckham selalu pake Rosehip oil di skincare routine nya. Hahaha.. Dan yep! It works for me. Oil ini termasuk dry oil jadi teksturnya sangat light, dibawah Olive oil yang terkesan ‘heavy’. Meskipun baunya sedikit mirip jamu, tapi oil ini cepat banget meresap. Karena masih takut berminyak, saya pakai oil ini malam hari aja. Hasilnya, pori-pori saya serasa bersih dan gak ‘tersumbat’. Skin tone juga lebih merata. Super love!

4.      Hydrate with  Super Hydrating Moisturizer


Beberapa orang yang jerawatan, kadang skip pakai moisturizer karena takut minyakan. Padahal, oily skin doesn’t mean you don’t need a moisturizer. Kamu tetep butuh moisturizer yang menghidrasi kulit karena wajahmu pasti mengalami kekeringan setelah perawatan dengan obat jerawat. Wajah yang gak terhidrasi dengan baik, malah akan mengundang lebih banyak masalah dan bahkan jerawatmu  bisa balik lagi! Huh.. gak mau kan?

Makanya, aku mulai apply Nivea Soft cream ini. Cream ini emang ampuh banget buat mengatasi kekeringan di kulit karena kandungan Jojoba Oil dan Vitamin E. Karena kulit saya cenderung kombinasi, wajah saya memang masih sering berminyak di siang hari. That’s why saya pakai krim ini hanya di malam hari..



Moisture My Lippie



Sebelum tidur, setelah minum air putih yang banyak, saya biasanya ambil secuil Laneige Lip Sleeping Mask di jari kelingking saya dan dioles ke bibir. Hasilnya bibir saya tetap lembab sampe besok paginya. Warnanya juga super girly. Pinkish.. Kalau kamu suka pake matte lipstick, kamu wajib rawat bibir kamu tiap malem pake ini, atau bisa juga vaseline petroleum jelly biar bibirmu tetap lembab ya!

Yes! Cuma ada 5 step yang saya gunakan untuk night time skincare routine. Simple yet it works wonderful! Semua rangkaian perawatan yang saya pakai ini juga terbilang masih affordable dan awet selama 2 bulan. So far, hasil yang saya dapatkan sekarang, kulit wajah saya lebih halus dan kerasa banget sehatnya. Gak ada lagi kulit grenjulan atau flaky. Pokoknya setiap kali pegang wajah, rasanya lembuuuut banget.. Dark spot sudah mulai memudar meskipun kalau dilihat dari dekat, noda itu akan jelas banget terlihat. But I'm proud of myself, karena akhirnya saya berhasil menemukan skincare routine yang cocok tanpa harus balik lagi ke dokter. Yippiee...!
Gimana denganmu? Ada gakgak salah satu produk disini yang kamu pakai juga? Atau kamu punya pengalaman dengan perawatan pasca jerawat? Yuk sharing di kolom komentar!


*Informasi harga produk*
- The Body Shop Tea Tree Facial Wash : Rp 60.000
- My Signature C-Source : Rp 160.000
- Life Flo Pure Rosehip Oil : Rp 130.000
- Nivea Soft : Rp 13.000
- Laneige Lip Sleeping Mask : Rp 45.000




Comments

  1. Memang betul perawatan muka setelah jerawatan butuh effort yg kuat :(
    Kalo aku pribadi pake saripohaci Mayan cocok (tp tidak semua orang merasa cocok) karena bikin kering katanya, enaknya pake saripohaci itu kalo kita pake alas bedak jadi nempel 😆, ga hanya saripohaci pake masker telur juga ngaruh!
    Tapi yg sulit adalah ngilangin komedo :(((
    Share dong ka gimana cara ngilangin komedo :(((, ditunggu!😆

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi anoon..
      Wahh saripohaci emang legend banget dan ngaruh banget katanya. Tapi belom pernah coba. Thanks for sharing! :)
      Buat ilangin komedo yaa.. soon ok^^

      Delete

Post a Comment

Artikel Yang Paling Banyak Dibaca:

Review Viva Face Mask Bengkuang: NEW PACKAGING!

Assalamualaikum, Beberapa bulan ini masker freeman lagi nge-hype banget di kalangan beauty enthusiast. Masker yang muncul dengan banyak varian dan dalam kemasan tube yang besar ini diklaim ampuh mengatasi berbagai permasalahan kulit. Gara-gara siapa coba brand masker ini jadi nge-hype? Yang seneng mantengin youtube pasti tau banget beauty vlogger mana yang gencar nge-review masker dari Amerika ini. Saya pun salah satu yang tergiur untuk coba masker itu. Tapi kali ini saya bukan mau review masker itu. Di pasaran sebenarnya banyak banget kan masker-masker lokal yang mungkin gak jauh beda kualitasnya. Kali ini, saya mau dedikasikan khusus postingan ini buat brand yang udah lama banget bertahan dari saya masih balita sampe sekarang. Yak , kalian pasti udah tau dari judulnya 'viva'. Brand Viva ini selain harganya yang selalu terjangkau, kualitasnya juga gak abal-abal gais.. Packaging Viva face mask bengkuang ini hadir dalam kemasan sachet. Kemasan yang sebenarnya

Review Mineral Botanica Intensive Care Sugar Lip Scrub

Assalamualaikum, Buat kamu yang suka banget pake lip cream, sering gak sih ngalamin ketika pake lip cream itu suka ada yang menggumpal-gumpal di bibir kalian, atau terasa kering banget? Pengen cakep malah jelek banget jadinya kan. Saya pun mengalami banget nih masalah tersebut. Saya memang pecinta lip matte atau lip cream yang hasilnya nempel di bibir. Sayangnya, karena bibir saya kering banget, bibir saya sering banget mengelupas gak jelas. Tampilan bibirpun jadi gak oke karena banyak 'clump' dan kelihatan banget gak sehatnya. Sayangnya, untuk mengatasi masalah tersebut, sering kali kita (termasuk saya) mengelupas kulit bibir. Ini bukan cara yang bagus mengatasi flaky di bibir kita. Karena, ketika sudah di kelupas, bibir malah bisa jadi luka. Membasahi bibir dengan liur kita pun gak mengatasi masalah, karena yang ada bibir malah akan semakin kering. Salah satu solusi yang bisa kamu coba ketika kamu merasa bibirmu pecah-pecah adalah dengan rutin melakukan perawatan bib